Kontak Penting Bagi Peliput Bencana

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Foto: Peta Indonesia. Kredit: Vector Stock

Agar tak kebingungan di lapangan, kami mengumpulkan kontak beberapa kantor penting yang bisa membantu jurnalis saat liputan lapangan. Mulai dari kantor search and rescue di daerah, Badan Nasional Penanggulan Daerah di tiap provinsi, kantor Aliansi Jurnalis Independen di beberapa kota di daerah, serta kantor Palang Merah Indonesia.

Alamat kantor Aliansi Jurnalis Independen amat dibutuhkan karena biasanya ketika ada bencana, AJI kota setempat membuka kantor mereka sebagai tempat shelter bagi wartawan-wartawan dari daerah lain. Wartawan asing juga kadang ikut menginap di kantor AJI setempat.

“Banyak pengalaman wartawan yang dikirim ke daerah bencana itu enggak punya kenalan siapa-siapa dan tidak punya kontak,” kata Ika Ningtyas, ketua AJI Surabaya yang juga meliput bencana banjir Surabaya 2021 dan banjir Malang 2019. “Karena itu kami di Surabaya pasti membuka kantor kalau ada bencana agar teman-teman wartawan dari daerah lain bisa menjadikan kantor kami sebagai stop point.”

Ada pula alamat kantor Palang Merah lokal yang kami sediakan di peta di bawah ini. Palang Merah adalah lembaga relawan internasional yang kerap membantu merespon bencana di berbagai lokasi. Di Indonesia, lembaga Palang Merah lokal juga amat ramah terhadap wartawan dan kerap membantu wartawan asing ataupun wartawan lokal yang sedang meliput bencana.

Kontak kantor di peta di bawah ini bisa dihubungi kapan saja.

Teks: Indri Maulidar

ARTIKEL TERKAIT

RISET